Kamis, 18 Desember 2008

Workshop Pemanfaatan Blog untuk menunjang proses belajar mengajar di STAIN Batusangkar

http://at.its.uiowa.edu/images/training_room.gifAwalnya deg-degan ketika saya diberikan tugas untuk menjadi instruktur pada pelatihan pemanfaatan blog untuk menunjang proses belajar mengajar di STAIN Batusangkar. Bagaimana tidak, kita dituntut untuk melatih tenaga profesional dosen STAIN Batusangkar yang rata-rata sudah bergelar S3 dan S2, melatih seorang doktor dan master?, waw... ndak terbayang deh...

Alhamdulillah walaupun dengan berbagai kendala karena di STAIN Batusangkar hanya menggunakan shared hosting yang berarti kita tidak bisa melakukan setup sesuka hati kita untuk menambahkan sebuah server blog di STAIN Batusangkar, akhirnya diputuskan untuk menggunakan software blog dari wordpress yang open source untuk diinstallkan menjadi sebuah blog untuk setiap dosen (terima kasih atas informasi dan source code dari Kang Onno W. Purbo, jasamu tak terbalas kang). Dan akhirnya 30 buah blog dosen dipersiapkan untuk media pelatihan.

Dengan kerja keras semua tim PSI dan Labor (pak Dedet yang rela begadang untuk mengeset jaringan internet dadakan dilabor 2, adek2 asisten labor Arif, Fredo dan Kekeu, yang membantu mulai dari setup jaringan sampai dengan membantu pelaksanaan pelatihan, pak Iswandi yang sibuk kian kemari menyelesaikan semua urusan administrasi, padahal ketua panitia looh, da Ezi dan uni Lita yang petantang petenteng karena dipanggil kesana kemari oleh peserta pelatihan) berbuah ungkapan dari peserta pelatihan "Apa tidak ada kuisioner untuk peserta nih?, selama ini pelatihan yang diadakan, inilah pelatihan yang benar2 membuat kami tidak beranjak dari tempat duduk". Alhamdulillah, niat besar untuk mengedepankan STAIN Batusangkar mudah-mudahan bertitik tolak dari pelatihan membuat blog ini.

Ketik-Publikasikan, dua kata itu yang selalu saya ulang untuk membangkitkan minat para peserta pelatihan untuk tidak segan-segan menyampaikan buah pemikirannya. Sumberdaya yang dimiliki oleh STAIN Batusangkar memang sangat berlebih. Dengan bermodalkan sebuah diskusi di ruang jurusan atau di ruang perpustakaan, kondisi2 terkini sebenarnya bisa dipandang dari berbagai sisi, fiqih, hukum, muamalah, akuntansi, bahasa...Namun sayang nya semua hal tersebut hanya selesai di tempat itu saja, belum ada inisiatif untuk menuliskannya, sedangkan kita tahu bahwa itu merupakan modal bagi generasi yang akan datang untuk melanjutkannya, bukan malah membahasnya kembali sehingga ilmunya menjadi tidak berkembang.

Semoga semangat ketik-publikasikan akan berkembang terus tidak menjadi semangat yang muncul dan hilang dalam waktu sekejap saja amien... Tingkat pendidikan peserta yang memang tinggi membuat pelatihan berjalan sangat penuh dengan inovasi, ada hal-hal baru yang saya temukan dalam installasi wordpress dalam sebuah domain milik sendiri, ternyata kita bisa mengubah tema (kerja da Ezi dengan pak Inong), menambahkan tulisan bahasa arab (da Ezi dengan pak Yusuf Salam), mengedit kategori (Mr. Jang) dan lain sebagainya. Saya merasa tidak memberikan bahan pelatihan , tapi diam-diam juga ikut berlatih (wong megang wordpressnya baru 2 hari , biasanya sih berkutat dengan blogspot :P ).

Kita tentu berharap pendapat "STAIN Batusangkar adalah STAIN nomor satu di Indonesia" benar lah hendaknya, khususnya dalam hal teknologi Informasi, dengan bekal M.Kom-S.Kom. yang melatari setiap aksi teknologi informasi di STAIN Batusangkar, membuat pergerakannya semakin maju hendaknya, langkah selanjutnya?, kita siapkan lagi pelatihan blog supaya makin banyak dosen yang menjabarkan pengetahuan yang mungkin hanya tersimpan saja di benak untuk disampaikan kepada khalayak ramai dan menjadi tabungan untuk generasi yang akan datang.

Tentu saja semangat dari pak Bukhari setelah melihat www.jokosusilo.com perlu dipertimbangkan, bahwa blog kita memang harus cantik dan dipenuhi fitur-fitur, cuma kita sepakat dalam satu hal, jika kita sibuk dengan penampilan maka waktu yang seyogyanya bisa kita manfaatkan untuk menulis akan dihabiskan untuk urusan tampilan, menambahkan baca selengkapnya, menambahkan judul-judul dan lainnya. Dengan mengacu pada blog enda.goblogmedia.com , dan blog milik pak barda arief nawawi kita semua berkeyakinan bahwa yang dibutuhkan dalam sebuah blog bukan tampilannya, akan tetapi bisakah isinya menjadi sebuah sejarah.... dan pesan yang ingin saya sampaikan mungkin tetap 2 kata "KETIK,PUBLIKASIKAN", saya senang bisa sedikit membantu pengembangan stainbatusangkar.ac.id, bangga melihat semangat Bapak dan Ibuk yang memang sangat kelihatan haus akan ilmu dan tidak takut untuk belajar, salut pak buk, dan.... Selamat Belajar...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar