Senin, 13 Oktober 2008

Materi Kuliah Pascal Tadris Matematika Ganjil 2008/2009: Beberapa Fakta yang Terlupakan dalam Debugging (Mengecek Kesalahan) dalam Turbo Pascal

Debugging adalah seni dalam pemrograman. Jika kita membuat sebuah program, awalnya tentunya karena ketidak sengajaan, ide-ide kreatif, lupa dan sebagainya kita menghasilkan belasan baris kode yang memiliki kesalahan-kesalahan. Kesalahan dari algoritmanya, atau penulisan sintak yang tidak benar. Langkah-langkah untuk mengatasi kesalahan tersebut sehingga diperoleh program yang benar disebut dengan Debugging.

Istilah debugging sebenarnya berasal dari cerita yang unik, saya tidak tahu apakah cerita ini benar atau tidaknya, saya mendapatkannya berdasarkan cerita dari dosen sewaktu kuliah dulu, ditambah dengan cerita diberbagai majalah komputer.

Alkisah disebuah perusahaan besar yang memiliki jaringan antar komputer yang cukup banyak, mengalami permasalahan dalam menghubungkan 2 buah komputer (kabel coaxial,tidak melewati hub). Anehnya selain 2 komputer tersebut, komputer yang lain mempunyai jaringan komunikasi data yang cukup bagus. Para ahli jaringan telah berusaha keras untuk memecahkan masalah tersebut, mulai dari mengecek settingan jaringan di kedua komputer, dan anehnya komputernya bisa di ping (perintah untuk mengecek terkoneksi atau tidaknya sebuah jaringan), namun untuk mengakses file sharing atau print sharing ternyata tidak bisa dilakukan.

Setelah beberapa kali mengganti kabel, mengganti card ethernet, dan beberapa kali menginstall ulang sistem operasinya, akhirnya secara kebetulan para teknisi menemukan apa penyebabnya?, kenapa?, karena di ujung kabel (kalau dulu kabelnya kabel coaxial, tidak seperti RJ45 yang sekarang ini) tertempel sebuah serangga (bug) yang telah mati. Insiden ini kemudian menjadi pameo bagi orang komputer untuk mengecek kesalahan dalam permasalahan komputer, dari teknisi sampai ke programmer, lekatlah istilah DEBUGGING (mencari serangga) untuk mengatasi permasalahan tersebut.

Debugging bisa didapatkan melalui kesalahan-kesalahan dalam membuat sebuah program, jadi saya mengkompilasi beberapa kesalahan yang sering terjadi jika seseorang membuat program dengan menggunakan aplikasi Turbo Pascal. Kesalahan-kesalahan ini saya rangkum dalam sebuah powerpoint, mungkin bisa dimanfaatkan, jika anda tertarik silahkan download disini. Selamat Belajar....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar