Selasa, 07 Oktober 2008

Materi Kuliah Pascal Tadris Matematika Semester Ganjil 2008/2009 Pertemuan 4: Flowchart dan Kondisi

Dalam membuat sebuah program, seorang programmer harus mengkonsep dulu pemikiran apa-apa yang akan dilakukan dan dihasilkan oleh program, input apa yang diberikan dan lain sebagainya. Konsep ini dikembangkan di kepala programmer saja. Tentu saja untuk menyampaikannya kepada orang lain memerlukan sarana. Sarana yang digunakan untuk memetakan pikiran sang programmer adalah dalam bentuk sebuah Bagan Alir atau Flowchart.

Perkuliahan pertemuan ke 4 ini membahas tentang simbol-simbol dari flowchart, dan bagaimana menerapkannya terhadap kasus mencari Luas, Volume dan lain sebagainya, akan ada berbagai kasus untuk membuat program mencari luas segitiga, mencari luas persegi panjang, sampai dengan mencari volume balok.

Masing-masing simbol akan bisa diterjemahkan kedalam bahasa pemrograman yang digunakan oleh programmer. Dalam hal ini bahasa pemrograman Pascal, akan ditampilkan salah satu contoh bagaimana menerapkan flowchart tersebut dalam bahasa pemrograman pascal.

Dalam pertemuan ini juga akan dibahas lebih mendetail mengenai salah satu simbol dalam flowchart, yakni decision. Bagaimana menentukan aksi setelah memilih 2 kondisi yang benar dan salah. Selamat Belajar...

(Download .ppt Pertemuan 4)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar